Wednesday, January 17, 2018

"Kaleidoskop Mimpi"



Teman, pernahkah terlintas di benakmu untuk melihat setahun ke belakang ? Apa saja mimpimu yang sudah tercapai di tahun itu? Apa saja mimpi yang belum tercapai dan menjadi mimpi di tahun berikutnya? 

Mimpi. 
Seorang Andrea Hirata saja percaya pada mimpi. Bahkan saking percayanya, dia menuliskannya "Bermimpilah tentang apa yang kamu impikan". Maksudnya apa coba? Kok mimpi berlapis mimpi? Apa jatuhnya tidak jadi mengkhayal? Cobalah tengok kisahnya di film Laskar Pelangi, semua berawal dari mimpi. Hingga saat menjadi nyata kita akan ternganga dan terpana dibuatnya. 

Aku juga seorang pemimpi. Sejak kecil sampai sekarang, tidurku tidak pernah tanpa mimpi. Kata dokter, itu artinya aku tidak pernah pulas. Otakku tidak beristirahat. Mulai dari mimpi indah sampai mimpi ujian matematika belum belajarpun aku sering. Pusingnya luar biasa.

Tapi bukanlah itu yang aku maksud ya teman, pemimpi disini adalah aku bermimpi dalam keadaan sadar. Tentang apa yang ingin aku capai, walaupun impian lucu seperti aku ingin kurus yang berkali-kali menjadi langganan hutang impian di tahun berikutnya. Pernah begini, "kalau aku kurus, aku akan dibelikan mobil". Curang, suamiku memberi janji itu dengan percaya diri karena isterinya susah komitmen dengan target yang satu ini. Heran, padahal aku tidak gemuk-gemuk amat yah, kenapa sih? 

Lupakan tentang mimpi kurus yang sama sekali tidak penting. Makanya, buatlah list impianmu sebanyak-banyaknya. karena dengan begitu, akan ada banyak peluang kita mewujudkannya. Ibarat tubuh ini prajurit, kita sudah memberikan komando di tahun ini kita akan "menyerang" target yang mana. Semua akan berjalan seiring dengan apa yang kita inginkan. Karena akal, pikiran, tubuh butuh pendorong agar bisa berfungsi baik. Impianlah motornya. 

Di tahun 2017 lalu, aku banyak mendapatkan pengalaman dan tentunya impian yang menjadi kenyataan, bahkan, impian yang tidak aku impikan. Ada juga impian yang mustahil tapi bisa juga kesampaian. Aku tak pernah ragu akan kekuasaan Alloh. Haqqul Yaqiin... Dia pasti mengabulkan mimpi kita jika itu untuk kebaikan. Jika ada yang belum terkabul, jangan menyerah, teruslah berbaik sangka kepada Alloh dan bersyukur dengan apapun yang kita punya. 

Selamat bermimpi dan jangan lupa untuk mem-bangun-kannya!

2 comments:

  1. Aku juga sering bermimpi, Bun. Mimpi setinggi langit biar smesta mengaminkan hingga jejak nyata

    ReplyDelete
  2. Aku juga sering bermimpi, Bun. Mimpi setinggi langit biar smesta mengaminkan hingga jejak nyata

    ReplyDelete